ANNOUNCEMENT : During the maintenance project the swimming pool still can be access by guest. We apologize for any inconvenience. 

MINI ART GALLERY GUMAYA TOWER HOTEL DUKUNG UMKM KOTA SEMARANG NAIK KELAS

MINI ART GALLERY GUMAYA TOWER HOTEL DUKUNG UMKM KOTA SEMARANG NAIK KELAS Banner

Indonesia, salah satu negara pendiri The Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dan juga sebagai negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di kawasan ASEAN, negara – negara lain di Kawasan ASEAN menyandarkan harapan pada Indonesia untuk dapat melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam menghadapi berbagai permasalahan dunia yang juga dihadapi di kawasan Asia Tenggara pada khususnya.  

Menjadi ketua ASEAN pada 2023 Indonesia optimis bahwa ASEAN akan menjadi salah satu pusat kawasan pertumbuhan ekonomi dunia, hal ini dikukuhkan dengan tema yang diangkat pada ASEAN 2023 “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.”  Dikutip dari situs resmi Kemendag, akan ada empat kegiatan utama yang akan diangkat selama Keketuaan Indonesia yaitu : creative economy, digital economy, business  investment summit, and infrastructure.

Dalam rangkaian kegiatan selama Keketuaan Indonesia di ASEAN, diadakan juga Asean Economic Ministers (AEM) Meeting pada tanggal 17 hingga 22 Agustus 2023 di Kota Semarang. Momen ini menjadi salah satu ajang untuk  menunjukkan creative economy yang dimiliki Indonesia pada khususnya Kota Semarang. Ekonomi kreatif yang menjadi salah satu kekuatan ekonomi Indonesia dan produk – produknya telah mendapat pengakuan positif dari negara – negara di dunia.

Menampilan produk – produk UMKM Kota Semarang merupakan salah satu wujud kolaborasi antara Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Koperasi dan UMKM dengan industri perhotelan yang ada di Kota Semarang. Gumaya Tower Hotel Semarang yang juga menjadi tempat menginap dan pertemuan tamu penting dalam  Asean Economic Ministers (AEM) Meeting turut memberikan ruang untuk produk – produk UMKM Kota Semarang agar lebih dikenal dengan menyediakan Mini Art Gallery.

Berada di Lobby Area, Mini Art Gallery Gumaya Tower Hotel dibagi menjadi tiga cluster yaitu batik, fashion dan craft. Disini terdapat 21 (dua puluh satu) produk UMKM pilihan dengan menonjolkan ciri khas Kota Semarang.  

Ada beberapa contoh UMKM yang cukup menarik di Mini Art Gallery ini, seperti dari Pratesthi Batik, Craft, and Ecoprint (instagram : @pratesthi_batikandcraft).  UMKM tersebut bergerak di bidang kain batik ecoprint, serta produk – produk kerajinan turunan dari kain tersebut.  Keunikan produknya adalah dengan menggunakan pewarna alami dari daun yang ditumbuk sehingga menghasilkan warna – warna yang cantik.

Selain itu, ada juga Craftonesia (instagram : @craftonesia.id), produk – produk kerajinan / craft yaitu tatakan gelas, tas, keranjang dan juga home decor lainnya yang merupakan hasil kerajinan dan kreatifitas berbahan dasar lintingan kertas koran bekas yang dianggap sebagai limbah.

Menariknya, produk lintingan kertas koran bekas tersebut telah melalui proses coating sehingga menjadi lebih kuat dan tahan air. 

Mini Art Gallery Gumaya Tower Hotel ini dapat dinikmati bukan hanya untuk tamu penting Asean Economic Ministers (AEM) Meeting, tetapi juga tamu yang menginap maupun berkunjung ke Gumaya Tower Hotel. Untuk detail info produk – produk UMKM Kota Semarang bisa juga diakses melalui instagram @semarangcreativegallery .

Ayo berkunjung dan menginap di Gumaya Tower Hotel Semarang.